Berita  

Sekilas Tentang Perkumpulan Pangestu Yang Berdiri Dari Tahun 1949

Foto JudulImron Sudarisman ketua Pangestu cabang Cirebon

KAB. CIREBON * PRIBUMIBANGKIT.COM ]] Pangestu adalah singkatan dari Paguyuban Ngesti Tunggal, Paguyuban ini berdiri sejak tahun 1949. tepatnya 17 tahun setelah turun nya sabda Pratama, seperti yang diungkapkan Imron Sudarisman sebagai ketua Pangestu cabang Cirebon.

” Pangestu adalah sebuah organisasi yang menitikberatkan pengolahan jiwa/batin, sehingga batin kita menjadi nyaman,tenang, tentram, marem, ayem,” tuturnya ketika ditemui media Pribumi Bangkit, Selasa 27 Maret 2024,  bertempat di Blok Oncom Desa Setu Kulon kecamatan Weru kabupaten Cirebon.

“Pangestu bukanlah sebuah Agama atau pun aliran kepercayaan, tetapi adalah sebuah organisasi untuk mengolah batin (olah rasa di dalam rasa). Jika kita berolahraga badan kita menjadi sehat, jika kita berolahpikiran, contohnya mengisi teka teki silang, pikiran kita menjadi cerdas, demikian juga jika kita belajar olah Kanuragan tubuh kita menjadi kuat dan sakti, ini lah contoh nya yang saya gambarkan,” tukas Imron sambil menggaruk kepalanya yang tidak gatal.

” Kebanyakan orang salah kaprah ketika diperkenalkan Pangestu, ada yang bilang Pangestu adalah sebuah Agama, ada yang bilang Pangestu adalah sebuah aliran kepercayaan, ada yang bilang Pangestu adalah sebuah ajaran Kejawen, ada yang bilang Pangestu adalah agama Hindu dan Budha, ada yang bilang bahwa Pangestu adalah ajaran yang terlalu berat untuk di amalkan, bahkan ada yang menghukumi bahwa Pangestu adalah ajaran sesat,” tukas Imron.

” Pangestu kalau dalam ajaran Islam setingkat dengan Thoriqoh, contoh nya Thoriqoh Kodhiriyah Naqsyabandiyah, Thijaniyah, Alawiyah dan lainnya, bahkan Pangestu selevel dengan Thoriqoh Satariyah tingkat tiga yaitu Thoriqoh Satariyah Asroriyah ,” pungkas Imron. ( Miski )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *