Daerah  

Panwaslu Dayeuhkolot Gelar Rapat Koordinasi Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024

BANDUNG * PRIBUMIBANGKIT.COM ]] Selasa tanggal 28 November 2023 merupakan hari pertama dimulainya tahapan kampanye pada pemilu tahun 2024, tahapan kampanye ini merupakan tahapan yang tidak kalah krusialnya dengan tahapan pemilu lainnya, bahkan tahapan kampanye ini sering menjadi indikasi banyak terjadi pelanggaran pemilu.

Potensial pelanggaran pada tahapan yang dimaksud biasanya meliputi pelanggaran administratif, kode etik bahkan sampai pelanggaran pidana.

Kondisi tersebut kemudian disikapi oleh Panwascam Dayeuhkolot untuk menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Tahapan Kampanye pada Pemilu Tahun 2024.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh pihak Panwascam Dayeuhkolot pada hari selasa tanggal 05 Desember 2023 di Bento Kopi Telkom Bandung, Kabupaten Bandung yang pada pelaksanaannya di ikuti oleh PKD se-Kecamatan Dayeuhkolot, jajaran kesekretariatan Panwascam Dayeuhkolot, Kapolsek, serta Danramil Dayeuhkolot.

Muhammad Jarkasih Selaku Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Panwascam Dayeuhkolot ketika dihubungi menyampaikan, bahwa perlunya penguatan terhadap pengawas pemilu di kecamatan Dayeuhkolot dan koordinasi dengan pihak kepolisian dan koramil Dayeuhkolot karena melihat urgensi tinggi pada tahapan kampanye ini.

“Tahapan kampanye ini momen penting untuk dikaji dan dikordinasikan bersama, maka karena hal tersebutlah kami menghadirkan penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan Dayeuhkolot untuk membahas terkait pengawasan tahapan kampanye ini karena membutuhkan pengawasan Bersama,” terang M Jarkasih.

Dalam kegiatan tersebut para pengawas pemilu dibekali pengetahuan dan pemahaman tentang strategi pengawasan dan pencegahan pada tahapan kampanye termasuk dalam pemetaan potensi kerawanan tahapan kampanye oleh pembicara eksternal yaitu Didi Komarudin yang merupakan anggota Bawaslu Kab Bandung periode 2018-2023.

Ihsan D Nasution selaku Kordiv HP2HM (Hukum, Pencegahan, Partisipatif Masyarakat dan Humas) dalam acara rapat kordinasi ini menegaskan bahwa kesiapan maksimal dalam mengawal dan mengawasi, dan mengutamakan langkah pencegahan dalam pelaksanaan pengawasan tahapan kampanye ini.

“Kami pastikan kesiapan jajaran pengawas pemilu di Kecamatan Dayeuhkolot sudah disiapkan secara matang dan tetap mengikuti prinsip mengutamakan langkah pencegahan,” ujar Nasution.

Diakhir acara Asep Dadang selaku ketua Panwascam Dayeuhkolot menyampaikan dan mengingatkan kepada para peserta pemilu, tim pemenangan, relawan dan peserta kampanya agar tetap memperhatikan aturan pada tahapan kampanye ini.

“Dalam rangka mewujudkan iklim pemilu yang kondusif maka diharapkan kepada semua pihak yang ikut serta dalam tahapan kampanye ini untuk selalu memperhatikan peraturan yang sudah di aturkan,” pungkas Asep. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *